SKRIPSI


Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan… Hari ini saya akan menceritakan pengalaman mengerjakan skripsi yang hingga sekarang saya berharap dapat menyelesaikannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan, sebagai berikut.

  1. Berdoa; beberapa referensi menyatakan berdoa pada urutan terakhir tapi menurut pengalaman saya, lebih baik dilakukan sebelum hingga akhir skripsi. Misal, berdoa segera mendapatkan permasalahan untuk tema skripsi yang sesuai dengan kemampuan kita, cepat prosesnya dan mendapat dosen pembimbing yang sesuai dengan kita maupun tema skripsi.
  2. Perlu diingat setiap jurusan di universitas satu dengan yang lain mempunyai alur berbeda dalam menempuh skripsi.
  3. Mencari permasalahan untuk tema skripsi sebanyak-banyaknya; hal ini disebabkan karena dijurusan saya untuk mendapatkan dosen pembimbing harus menyetorkan judul skripsi. Setelah, mendapat dosen pembimbing judul skripsi yang yang pertama ini belum tentu diterima atau berlanjut. Saya dulu hingga 5 kali, semoga anda tidak seperti saya. (semoga kebijakan jurusan saya selanjutnya lebih baik untuk kepentingan semuanya)
  4. Keberanian yang besar; Ada beberapa karakter dosen yang sudah kita ketahui sebelumnya tetapi juga ada yang belum. Jika kita belum mengetahui karakter dosen tersebut, akan ada rasa takut untuk menghadapinya. Karena kita tidak dapat mengenal karakter seseorang dengan kita bimbingan skripsi beberapa kali, kita hanya dapat mengetahui beberapa karakternya saja. Hal tersebut, dengan menanyakan pada kakak tingkat yang memiliki dosen pembimbing yang sama.
  5. Disipiln yang tinggi; disiplin ini perlu bagi yang bimbingannya dapat berjalan lancar. Lain halnya bagi yang bimbingannya agak tersendat hehehe. Tetapi tetap semangat ya…
  6. Membaca skripsi sebelumnya atau penelitian lainnya; Ini adalah salah satu kecerobohan saya dengan kurang banyaknya membaca skripsi sebelumnya. Hal tersebut, saya sadari saat sudah mengambil data di lapangan seperti jenis penelitian, metode yang kurang jelas. (state of the art)
  7. Membaca lagi buku metodologi penelitian dan penulisan tata urut skripsi menurut universitasnya.
  8. Kegigihan yang tinggi dan bersabar; Beberapa hal kita mengalami masalah dengan tidak ada kesinkronan antara kita dengan dosen, maupun diantara 2 dosen mengenai skripsi yang sedang kita kerja. Maka dibutuhkan kegigihan untuk bimbingan dan kesabaran.
  9. Berdoa dari awal hingga akhir.

 

HARUS DIINGAT PULA KITA MENGHABISKAN BIAYA DAN WAKTU… MAKA LAKUKAN USAHA KITA YANG TERBAIK DAN BERDOA.

SEMANGAT!!!

Tinggalkan Balasan

