KAIZEN


// KAIZEN
Robert M dalam bukunya berjudul “Rahasia Hal-hal Kecil” berisi tentang penggunaan teknik-teknik kaizen yang dapat membantu kesuksesan dalam dunia bisnis, akademis, dan keluarga. Kaizen merupakan strategi alternatif bagi perubahan. Tentunya kita tak bisa bilang bahwa Kaizen satu-satunya cara untuk strategi bagi perubahan karena banyak di luar sana yang belum kita ketehui atau tepatnya belum kita ketemukan yang dapat membantu kesuksesan hidup kita. Salah satu kelebihan yang dimiliki Kaizen adalah kemudahan kita untuk melaksanakannya dan penyesuaiannya juga relatif mudah. Adapun teknik-teknik Kaizen, diantaranya:
1. Ajukan pertanyaan-pertanyaan kecil
“Pertanyaan-pertanyaan kecil menciptakan sebuah situasi mental yang kondusif bagi lahirnya kreativitas dan kebahagiaan. Ketika Anda mengajukan petanyaan-pertanyaan kecil tentang orang lain, Anda bisa menyalurkan kekuatan kreatif untuk tujuan kelompok”

Salah satu contoh tips Kaizen:
“Jika Anda cenderung mengkritik diri Anda sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan negatif (mengapa saya begitu gemuk?)” cobalah Anda bertanya: “Apa yang saya inginkan tentang diri saya hari ini?” Ajukan pertanyaan ini setiap hari, tulis jawaban Anda di buku atau secarik kertas yang Anda desain khusus di tempat tertentu.”

2. Merenungkan pikiran-pikiran kecil
“Teknik mudah untuk memahat pikiran adalah dengan menggunakan “pikiran-pikiran” kecil untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan social, mental, dan bahkan fisik- hanya dengan membayangkan diri Anda sedang melakukannya.”

Dalam kehidupan sehari-hari kita kenal dengan ungkapan “just do it”. Pada nomer kedua ini merupakan tahapan memahat pikiran. Tahapan ini dapat dimulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kecil. Memahat pikiran sama dengan melakukan afirmasi.

3. Lakukan aksi-aksi kecil
Pada nomer 3 ini, inti dari teknik-teknik Kaizen. Bagaimana pikiran atau ide yang hebat tapa adanya aksi akan membawa kesuksesan hidup kita ke depannya.
“Dengan mengambil langkah-langkah sederhana yang keliahatannya rendah atau bahkan lucu, Anda akan berlayar dengan tenang dan berhasil melewati hambatan-hambatan yang sebelumnya telah membuat Anda gagal.”

4. Pecahkan masalah-masalah kecil
“Kita sangat terbiasa hidup dengan hambatan-hambatan kecil yang tidak selalu mudah untuk diindentifikasi, lebih-lebih untuk mengoreksinya. Tapi, hambatan-hambatan ini memiliki potensi untuk menganggu dan pada akhirnya menghambat jalan Anda untuk menuju perubahan. Dengan melatih diri Anda untuk memperhatikan dan memecahkan masalah-masalah kecil, Anda bisa menghindari terjadinya lebih banyak kerusakan dan pengobatan pada tahapan selanjutnya.”

5. Berikan hadiah-hadiah kecil
Memberi hadiah-hadiah kecil pada diri sendiri atau pada orang lain atas perubahan yang dilakukan ke arah yang baik dapat menjadi penyemangat yang sempurna. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan perubahan yang terus-menerus.
Beberapa saat lalu saya telah mempraktikkan teknik Kaizen ini. Pada teknik ini diperlukan penyesuaian yang relatif mudah terhadap aktivitas kita sehari-hari dan disiplin terhadap diri sendiri secara terus-menerus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s