Istilah-istilah “Mode dalam sejarah Perhiasan & Aksesori”


BAKELITE

Jenis plastik awal yang ditemukan oleh ahli kimia Amerika, Leo Hendrik Baekeland (1864-1944), dan dipatenkan pada 1909.

BATU PERMATA

Batu berharga atau semi berharga, terutama yag telah dipotong dan diasah untuk dipasang di perhiasan. Batu berharga meliputi berlian, zamrud, rubin, dan safir. Batu semi-berharga, antara lain, amesti, opal, dan topas. Hampir semuanya berupa mineral. Sedangkan empat permata yang bukan mineral adalah batu ambar, koral, jet, dan mutiara.

CIRCLET

Ornamen kepala sederhana yang berbentuk lingkaran.

COSTUME JEWELLERY

Istilah abad ke-20 untuk perhiasan yang dibuat dari material yang tidak mahal atau sintentis. Namun demikian, perhiasan tersebut bukan penemuan modern. orang-orang telah membuat mutiara tiruan sejak zaman pertengahan.

JIMAT

Aji-aji yang dipercaya memiliki kekuatan gaib untuk melindungi pemakainya dari roh jahat atau penyakit. Jimat sudah ada sejak zaman prasejarah, dan serigkali dipasangkan pada kalung.

KARAT

Satuan yang sama dengan 0,2 gram yang digunakan untuk mengukur berat batu berharga. Pada zaman kuno biji-bijji tumbuhan digunakan sebagai anak timbangan dan kata “karat” berasal dari bahsa arab untuk ‘biji’ atau ‘kacang’. Istilah karat juga digunakan sebagai ukuran kemurnian emas, dengan emas termurni sebesar 24 karat.

LAPIDARY

Keterampilan memotong dan mengasah batu permata yang bermula sejak lebih daripada 6.000 tahun lalu.

LIONTIN

Ornamen yang dirancang untuk digantungkan di kalung.

PARURE

Seperangkat perhiasan, seperti kalung, anting-anting, dan gelang, yang seluruhnya dibuat dengan bahan dan desain yang serasi.

TIARA

Hiasan kepala ornamental bersusun yang dipakai di atas kepala. tidak seperti mahkota, tiara tidak memiliki bagian belakang dan tidak melingkari seluruh kepala.

WREATH

Krangan yang biasanya dibuat dari bunga segar atau daun. Namun, pada masa lalu wreath kadang dibuat dari logam berharga, dengan hiasan bunga-bunga atau dedaunan yang terbuat dari emas atau perak.

 

Referensi:

Mode dalam Sejarah: Perhiasan & Aksesoris (A Fashionable History Of Jewellery & Accessories) by Helen Reynold. 2011. Jakarta. KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s