Penelitian Survai


Kali ini saya mencoba membahas tentang penelitian survai karena skripsi saya ada sangkut pautnya dengan penelitian ini. Dan saya mengambil referensi dari Singarimbun   dan Sofian Efendi tahun 1989. Memang cukup lama tapi saya sangat menghargai ilmu seberapapun “tua”-nya karena dari sana ilmu sekarang berkembang…

Ada beberapa jenis penelitian tapi seperti judulnya maka kita akan mengulas tentang Penelitian Survai. Apakah penelitian survai? Penelitian Survai adalah “penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok”. Penelitian Survai dapat digunakan untuk:

  1. penjajagan (eksploratif)
  2. deskriptif
  3. penjelasan (explanatory atau confirmatory)
  4. evaluasi
  5. prediksi atau meramalkan kejadian tertentu di masa yang akan datang
  6. penelitian operasional
  7. pengembangan-pengembangan indikator sosial

Penelitian penjajagan atau eksploratif bersifat terbuka, masih mencari-cari. Pegetahuan penelitian tentang masalah yang akan diteliti masih terlalu tipis untuk melakukan studi deskriptif. Penelitian deskriptif  pada pengukurannya difokuskan pada fenomena sosial tertentu. Peneliti pengembangkan konsep dan menghimpun fakta tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Sedangkan untuk penjelasan atau explanatory lebih pada menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesa. Jadi letak perbedaan antara deskriptif dan explanatory ada pada sifat analisisnya.

Semoga sedikit pengetahuan di atas sedikit memberikan cahaya bagi kegelapan karna kurangnya pengetahuan kita… OK… SEMANGAT!!!

 

Reference:

  • Metode Penelitian Survai BY Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1989. Penerbit LP3ES. Jakarta.
  • Image from kti-skripsi.net

//

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s