Bagian-bagian Mesin Jahit Manual


Mesin jahit manual yaitu mesin jahit yang berfungsi hanya untuk menjahit setikan lurus.
bagian-bagian mesin jahit manual (picture from book with author " Soejono")
Keterangan gambar:
  1. Pemegang kelos benang
  2. Piringan penegang benang atas dengan sekrup pengatur
  3. Tuas sepatu penekan
  4. Sekrup pengatur tekanan pada bahan jahitan
  5. Pengukit Benang
  6.  Sepatu penekan
  7. Rumah jarum dengan sekrup pengikat
  8. Pelat sorong tutup rumah sekoci
  9. Sekoci tempat sepul atau gulungan benang
  10. Transportasi yang melakukan pemindahan bahan jahitan
  11. Penggulung benag sepul
  12. Pengatur jarak tusuk jahitan
  13. Pembalik tusuk jahitan maju atau mundur
  14. Pembebas transportasi pada waktu membordir
  15. Roda putar atau roda penerus
  16. Penguci roda putar dibuat bebas waktu menggulung benang sepul
Bagian-bagian Mesin Jahit

Bagian-bagian Mesin Jahit

Bagian-bagian Mesin Jahit
1. Badan mesin
 Badan mesin atas badan mesin berongga, di mana tempat bagian-bagian mesin mengubah dan meneruskan gerakan putar menjadi gerakan bagian-bagian lain.

2. Kepala mesin

Kepala mesin menerima gaya putar dari alat pemutar mesin jahit dan meneruskan gerak putar tersebut ke semua bagian mesin yang lain yang harus digerakkan. Gerak putar  dari kepala mesin itu diubah menjadi bentuk gerakan bolak-balik, sekoci, dan lain-lain.

3. Alat-alat penggerak mesin jahit manual

Semua jenis mesin  dapat digerakkan dengan motor listrik tapi kebanyakan motor listrik ini digunakan oleh mesin khusus dan mesin serbaguna.

4. Kopling

Kopling adalah alat yang menghubungkan antara kepala mesin dengan poros utama mesin jahit. Kopling dapat dikencangkan dan dikendurkan. Agar mesin dapat digunakan, roda penekan ini harus dikencangkan, sehingga pelat kopling tertekan dan kepala mesin dapat memutar bagian mesin yang lain.

5. Poros utama

Poros utama mesin jahit terdapat dalam rongga badan mesin di sebelah kanan atas, dengan panjang dari pelat kopling sampai kaki pemegang jarum jahit yang digerakan tangkai penarik benang dan kaki pemegang jarum jahit.

6. Sepatu jahit

Kaki sepatu ini dapat diatur tekanannya terhadap gigi penarik kain. Pengaturan tekanan dengan menyetel mur penekan pegas  di atas kaki tempat sepatu tersebut. Tekanan sepatu ini dapat dibebaskan dengan cara menaikkan sepatu. Untuk memasang dan melepaskan kain dijahit, maka injakan sepatu haruslah dilepas dahulu.

7. Kaki pemegang jarum

Jarum untuk menjahit dipasangkan pada kaki pemegang jarum. Kaki digerakkan oleh poros utama. Untuk pemegang jarum pada ujung kaki dipasangkan dengan sekrup jarum.

8. Sekoci

Sekoci berfungsi untuk mengatur pengeluaran benang bawah dan pengaturan tegangan bawah, sedangkan jarum pembawa benang atas pada kain jahitan.

Pengatur panjang setikan

Setikan jahitan dapat di atur panjangnya. Pengaturan dapat dilakukan dengan mengatur tombol penyetel panjang setikan yang terletak pada bagian kanan badan mesin Angka-angka yang terdapat pada piringan sebelah kanan mesin adalah untuk mentetl panjang pendek / renggang rapatnya setikan.

a)      Angka 6-7 untuk setikan renggang

b)      Angka 12-15 untuk setikan sedang yang biasa digunakan

c)      Angka 20-30 untuk setikan paling rapat.

d)    Kalau pembalik tusukan dinaikkan keatas sekali maka jahitan akan mundur ini dapat digunakan untuk penguat ujung jahitan.

 

feed dog

Tanda Biru Muda berfungsi untuk menaik dan menurunkan feed dog pada mesin jahit butterfly (ref.pic from nurgallery)

Tanpa membeli/belanja apapun Anda mendapat Produk serta ONGKOS KIRIM GRATIIIS klik di sini

Referensi:

Soedjono. 1984. Memahami Mesin Jahit. Bhatara Karya Aksara. Jakarta.

Ernawati, dkk. 2008. ”Tata Busana untuk SMK Jilid 3

Picture mesin jahit butterfly from nurgallery

31 thoughts on “Bagian-bagian Mesin Jahit Manual

  1. baru beli mesin jahit, pengen saja terinspirasi masa kecil krn ortu sekedar buat jahit baju anak2. tapi kho ga bisa digunakan ya. 1. benang bawah gak bisa keambil. 2. jarum nyentuh bagian yg tdk dimengerti [kalo diterusin bisa patah]…..bingung

    • @Riris, 1. benang bawah gak bisa keambil karena ukuran jarum yang tidak sesuai, coba ganti dengan ukuran lainnya.2) soal nomer dua, dapat diganti dengan ukuran jarum mesin yang lebih poendek

      • o gitu ya…sampai sekarang itu mesin jahit nganggur, malah dijadiin meja belajar anak2. saya baru tau kalo ukuran jarum mesin bermacam2 ky jarum tangan ya…trims infonya…….oya pada waktu suami beli n di bawa pulang terus sy coba sebenarnya bisa, pas jarum dilepas (takut dimainin anak2) dan esok harinya sy pasang ky problem di atas smpai sy frustasi ditambah benang yg putus padahal udah dilonggarin…..ya gitu deh semangat sy hilang total krn frustasi tadi….apa mesin jahitnya jelek ya???????

    • @Bobby; pertanyaan yang dimaksud ini, kain tidak jalan saat mesin sudah dijalankan ya? Hal tersebut, feed dog kurang naik ke atas atau bisa jadi jenis kain yang digunakan. Untuk kain kulit asli atau imitasi dan brokat ada cara khusus cara menjahitnya. Pertanyaan untuk kalimat kedua “tertarik saat mesin diputar”, saya kurang mengerti kain tertarik kemana saat mesin diputar? semoga bisa membantu. thanks

    • @Mdiliyanto—lihat asal mula macetnya terletak dimana dan apa sebabnya. Kita dapat membuka bagian mesin (tentunya sebatas kemampuan kita bisa membuka bisa pula menutup/mengembalikan) dan melihat bagian-bagian yg sebagai poros perputaran mesin. Demikian pula apakah terjadi karat pada bagian-bagian tertentu pada mesin. Hilangkan karat tersebut. Jika sekiranya tidak mampu, serahkan pada ahli yg bisa memperbaiki mesin jahit

    • @Hazezan Hashim: ini yang dimaksud ke atas atau ke bawah mundur bagian mesin mana? apakah bagian no.13 dari mesin jahit di atas? Mesin milik pak Hazezan sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena normalnya, jika di arahkan ke atas tusuk jahitan akan mundur dan jika di arahkan ke bawah akan maju. Terima kasih kembali…

    • @arie – ada beberapa pilihan:
      1) jika Anda bermaksud untuk mempererat skrup pada “transportasi” sehingga pemindahan bahan sesuai Anda inginkan. Anda tinggal melepas lempeng penutup (no.10) kemudian Anda pererat skrup pada bagian tersebut sesuai yang diinginkan.
      2) jika Anda menginginkan mesin jahit untuk bordir manual maka tinggal dilepas saja gerigi(no.10) dan sepatu (pengalaman saya sendiri pada saat bordir manual)

  2. Saya punya mesin jahit butterfly jadul dan di bagian no 2 Piringan penegang benang atas dengan sekrup pengatur, belum terpasang, mohon penjelasan bagaimana cara/tahap2 merakit bagian tersebut, terimakasih..

    • @fika : gambar mesin jahit beserta bagian penegang dan sekrup atas bisa di foto dan kirim ke email tatikkurniawati@gmail.com atau invite bbm 7450c266c. karena setiap mesin berbeda-beda. saya tidak tahu apakah anda mengganti penegang benang dengan yang baru atau gimana sehingga terlepas dari mesin?

  3. waktu sy menjahit, hasil jahitan saya, benang yg seharusnya di atas ada dibawah demikian sebaliknya benang yg seharusnya di bawah malah di atas, kenapa ya bu ?

    • @Irwan : jika benang bawah ada diatas maka tegangan benang bawah kurang besar, dapat dilakukan dengan mempererat skrup pengatur sekoci. Sebaliknya dapat dilakukan pada piringan penegang benang atas (dapat dilihat gambar no,2)

    • @Yohanez : beberapa mesin jahit ada yang awal mula saat pedal diinjak akan berjalan mundur. Karena itu saat mulai menjahit saya akan melakukan putaran maju pada roda atas mesin bersamaan dengan kaki menginjak pedal (injakan pada mesin)^_^

    • @Yuni : periksa benang pada sekoci apakah sudah benar peletakkannya? serta ketegangan benang atas dan bawah. Ketahan waktu digenjot periksa bagian roda+tali, peletakan sekoci pada mesin mungkin kurang tepat

  4. saya mendapat pinjaman mesin jahit dari ibu kos tapi sudah lama tidak dipake jadi karatan. saya sudah memperbaiki beberapa bagian dan hasilnya lumayan bagus tetapi bagian pengunci roda putar dan roda penerus tidak mau berputar. kira-kira apa yang rusak ya? mesinnya masih bagus banget.

      • Kalau pembalik tusukan dinaikkan keatas sekali maka jahitan akan mundur ini dapat digunakan untuk penguat ujung jahitan. gimn caranya itu ? mbak yang caem…

      • Salsa yg caem ^_^, bisa dilihat pada gambar no.13 jika kita menjahit pembalik tusukan (tuas) akan berada di posisi tengah ke bawah. Sedangkan saat kita menguatkan ujung jahitan, pembalik tusukan (tuas) diarahkan ke atas maka secara otomatis jahitan akan mundur

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s